Jumat, 27 Juni 2014

laporan praktikum ipa - Vitamin C



Vitamin C
Vitamin C merupakan zat organik karena terdapat dalam tubuh makhluk hidup. Vitamin C terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang bewarna hijau. Kekurangan vitamin C pada manusia dapat mengakibatkan skorbut yaitu pendarahan pada kulit ,pendarahan pada gusi dan kerusakkan pada sendi. Peranan Vitamin C dalam tubuh untuk menjaga struktur kolagen yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut kulit,urat,tulang rawan dan jaringan lain di tubuh manusia.

Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang,memar,pendarahan kecil dan luka ringan. Vitamin C juga berperan aktif dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh, kemudian melalui pengaruh pencakar, vitamin juga dapat meningkatkan pembuangan feses dan kotoran lain. Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker.
Kekurangan vitamin c atau avitaminosis c dapat mengakibatkan sariawan,kulit kasar,gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas,pendarahan dibawah kulit ( disekitar mata dan gusi ),cepat lelah dan depresi. Disamping itu vitamin c juga berkorelasi dengan masalah kesehatan lain seperti koleterol tinggi,sakit jantung,radang sendi dan pilek. Mengkonsumsi rokok,obat tidur,alkohol,kopi dapat mengganggu penyerapan vitamin c. Untuk menguji vitamin c pada bahan makanan menggunakan larutan lugol.
I.                    Kegiatan                   : Uji Vitamin C pada bahan makanan
II.                  Tujuan                        : 1. Mengidentifikasi berbagai bahan makanan yang                          mengandung vitamin c
  2. Mengelompokkan bahan makanan yang dapat dijadikan sumber vitamin c yang baik.

III.                Alat dan bahan yang digunakan :
-          Vitacimin,timun,tomat,nanas,jeruk nipis,jeruk sambal,jeruk besar(manis),kol,sawi,apel dan pir.
-          Larutan lugol

IV.                Prosedur Kegiatan :
1.       Bahan makanan diparut  dan diambil sarinya dengan cara diperas dalam saringan supaya cairan sarinya dapat dikeluarkan.
2.       Kemudian sari bahan makanan tersebut masukkan dalam tabung reaksi yang sudah diberi label.
3.      Siapkan tabung reaksi yang lain,sebanyak jumlah sari makanan yang akan diuji.
4.      Tetesi dalam tabung reaksi yang masih kosong tersebut dengan larutan lugol masing-masing 7 ( tujuh) tetes.
5.      Teteskan sari bahah makanan satu persatu kedalam tanung berisi larutan lugol dengan menggunakan pipet.
6.      Hitung berapa tetes sari bahan makanan (sesuai label) yang diperlukan untuk menjernihkan larutan lugol
7.      Masukkan hasil pengematan kedalam tabel.

V.                  Hasil pengamatan

NO
Sari Bahan Makanan
Jumlah tetes
1
Vitacimin
3
2
Pir
90
3
Apel
70
4
Kol
70
5
Nanas
50
6
Mangga
50
7
Tomat
73
8
Jeruk Sunkis
35
9
Sawi
47
10
Jeruk Sambal
43
11
Jeruk besar
79
12
Jeruk Nipis
18
13
Timun
90


VI.                Pembahasan :
Makanan seperti tomat,apel,jeruk besar,timun,pir dan kol mengandung vitamin c yang rendah karena ketika ditetesi larutan lugol sari makanan tersebut >50 tetes larutan lugol untuk mengetahui tingkat kadar vitamin c sedangkan makanan seperti mangga,jeruk sunkis,vitacimin,sawi,jeruk sambal,jeruk nipis mengandung vitamin c yang tinggi karena ketika ditetesi larutan lugol hanya memerlukan <50 tetes larutan lugol untuk mengetahui tingkat kadar vitamin c.
VII.              Kesimpulan :
Sari makanan yang mengandung vitamin c yang tinggi jika ditetesi larutan lugol hanya memerlukan <50 tetes lugol,sedangkan sari mkanan yang mengandung vitamin c rendah jika ditetesi larutan lugol hanya memerlukan >50 tetes.

VIII.            Pertanyaan :
1.       Dari bahan makanan yang diuji,manakah yang kandungan vitamin c nya kurang dan sari makanan alami manakah yang merupakan sumber vitamin c yang baik?
2.       Apa funsgsi vitamin c ?
3.      Disebut apa kekurangan vitamin c dan dapat menyebabkan penyakit apa saja?
4.      Apa peranan larutan lugol dalam kegiatan uji vitamin c pada bahan makanan?

IX.                Jawaban Pertanyaan :
1.            Kandungan vitamin c nya kurang yaitu yang ditetsi >50 tetes kol,pir,jeruk besar,timun,apel dan tomat. Sumber vitamin c yang baim yaitu yang ditetesi <50 tetes yaitu pada nanas,mangga,sawi,jeruk sambal,jeruk sunkis, dan jeruk nipis.
2.           Fungsi vitamin c yaitu
-          Menjaga struktur kolagen yaitu sejenis protein yang menghubungkan semuan jaringan serabut,kulit,urat,tulang rawan dan jaringan tubuh kain di tubuh manusia.
-          Membantu menyimpan zat besi dan mempertajam kesadaran.
-          Sebagai antioksidan vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh,meningkatkan pembuangan feses dan kotoran lain serta mampu menangkal nitrit penyebab kanker.
3.                   Kekurangam vitamin c disebut defisiensi c atau avitaminusis c dapat mengakibatkan sariawan ,kulit kasar,gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyang dan lepas,pendarahan di bawah kulit (s=disekitar mata dan gusi),cepat lelah dan depresi.
4.                  Peran larutan lugol yaitu sebagai indikator untuk menguji vitamin c.









Dosen Pengampu                                                          Pontianak,6 Juni 2014                      

Dra. Hj. Siti Djuzairoh                                                Sufiah
NIP: 195112311980112001                                       NIM:  F37012059

Tidak ada komentar:

Posting Komentar