Minggu, 29 Juni 2014

Makalah manusia,sains,teknologi dan seni ( IPTEK )




KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan hidayahNya.karena,dalam penyelesaian makalah ini,yang Berjudul “Manusia,Sains,Teknologi,dan seni (IPTEK)” dapat terselesaikan dengan baik sebagai tugas mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.
Kami telah banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih kepada :
Ibu Dra.Hj Zahara, selaku dosen yang telah memberikan bimbingan,arahan,serta saran dalam pembuatan makalah ini.
Penulis masih menerima dengan tangan terbuka terhadap kritik dan saran dari pihak yang peduli terhadap makalah ini agar menjadi bahan perbaikan dikemudian hari. Akhir kata,semoga makalah ini dapat bermanfaat baginkita semua. Amin.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi yang membaca. Terimakasih.



Pontianak ,      September 2012


Penulis

                                               
      
















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................................                i
DAFTAR ISI...............................................................................................................                  ii

BAB I  PENDAHULUAN
1.2 Rumusan Masalah...............................................................................................                1
 1.3Tujuan..................................................................................................................                  2

BAB II  PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Manusia , Sains,Teknologi,dan Seni (IPTEKS) ................................         3
2.2 Makna Sains, Teknologi , dan Seni bagi manusia................................................       3-4
2.3 Manusia sebagai subjektif dan objektif ................................................................          4-5
2.4  Dampak penyalahgunaan IPTEKS Dalam Kehidupan.........................................      5-6


BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan...........................................................................................................                 7  

DAFTAR PUSTAKA











BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan,Teknologi dan Seni telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.

1.2.      Rumusan Masalalah
o   Apa yang Di Maksud Dengan Sains,Teknologi,dan Seni?
o   Apa makna Sains, Teknologi , dan Sains bagi manusia ?
o   Apa saja makna manusia sebagai subjektif dan objektif IPTEK ?
o   Apa Saja Contoh Penyalahgunaan IPTEKS dalam Kehidupan Manusia?

1.3.      Tujuan
            Adapun Tujuan dari Makalah ini, yaitu:
o   Mengetahui Pengertian Sains,Teknologi,dan Seni.
o   Mengetahui makna Sains , Teknologi dan Seni bagi manusia
o   Mengetahui makna manusia sebagai objektif dan objektif
o   Mengetahui dampak Penyalahgunaan IPTEKS bagi kehidupan







BAB II
PEMBAHASAN

2.1.      Pengertian Sains,Teknologi, dan Seni (IPTEKS)
1.         Sains

SAINS Yaitu Ilmu yang teratur (sistematis) yang dapat di uji atau di buktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal fisika, kimia, biologi). Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia.

Sains merupakan satu proses untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan (ilmu) dengan memahami hakekat mahluk, untuk menerangkan hukum-hukum alam.

2.  Teknologi
KONSEP TEKNOLOGI Adalah realitas kenyataan yang diperoleh dari dunia ide. Teknologi dalam makna subjektif adalah keseluruhan peralatan dan prosedur yang disempurnakan, sampai pernyataan bahwa Teknologi adalah segala hal. Teknologi berasal dari kata Yunani kuno , techne dan Logia . Techne berarti seni kerajinan. Kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yang memiliki ketrampilan tertentu.
            Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai ”keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.” Pengertian teknologi secara umum adalah:
ü  Proses yang meningkatkan nilai tambah
ü  Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
ü  Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan

Ada pun tiga macam teknologi yang sering dikemukakan para ahli , yaitu :
a)    Teknologi Modern Ciri-cirinya Padat Modal, mekanis elektrik, Menggunakan barang import, berdasarkan penelitian mutakhir, dll
b)    Teknologi Madya Padat karya, dapat dikerjakan oleh ketrampilan setempat, berdasarkan alat penelitian
c)   Teknologi Tradisional Bersifat padat karya, menggunakan ketrampilan setempat, menggunakan bahan setempat, berdasarkan kebiasaan atau pengamatan



3. Seni
            Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk social. Sedangkan menurut Kamus B.Indonesia, seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dll), seperti tari, lukis, ukir, dll.
Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar antara manusia dengan sesame secara beradab, di mana pihak kesatu secara terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua secara manusiawi yaitu orang perorang. Oleh karena itu, budi bahasapun adalah suatu seni.

2.2 Makna Sains, Teknologi , dan Seni bagi manusia

1.    Perkembangan Teknologi
  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  dapat mendatangkan keuntungan dan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya hal tersebut pula, muncul berbagai cabang-cabang  ilmu pengetahuan, seperti misalnya:
à   Penggunaan teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor nuklir yang dapat menghasilkan zat-zat radioaktif, dimana zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud damai. Misalnya, untuk keperluan bidang kesehatan (sinar rontgen), dibidang pertanian untuk memperbaiki bibit, untuk mendapatkan energi tinggi.
à   Penggunaan teknologi hutan. Hutan mempunyai banyak fungsi: kertas, industri kayu lapis/ bahan bangunan, untuk tempat penyimpanan air, objek pariwisata, dan lain-lain.
  Pengetahuan dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia. Karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan:
a)    Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah.
b)    Meningkatkannya kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya.

2.   IPTEK dan Nilai
  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak sangat cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam menghadapi era teknologi modern dan industrialisasi, maka dituntut adanya keahlian untuk menggunakan, mengelola, dan senantiasa menyesuaikan dengan teknologi-teknologi dan ilmu pengetahuan yang baru. Selain itu sikap mental dan nilai hidup yang harus mengarah terhadap nilai tersebut.
Dengan adanya kemajuan teknologi, terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya dengan bijak, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Namun di pihak lain, baik di Negara maju maupun berkembang, teknologi justru dapat berdampak buruk seperti, sumber-sumber daya alam akan habis, pembawa polusi atau pencemaran, dan mengakibatkan meningkatnya  pengangguran.
Teknologi mempunyai dua  komponen utama, yaitu:
*      Hardware aspect, meliputi peralatan yang memberikan bentuk pola teknologi sebagai objek fisikal atau material.
*      Software aspect, meliputi sumber informasi yang memberikan penjelasan mengenai hal-hal peralatan fisik atau material tersebut.

2.3  MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DAN OBJEK IPTEK

     Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, anatara lain :

1.  Dalam bidang pertaniaan, peternakan, dan perikanan

     J   Mampu menciptakan alat pertanian yang maju. Dengan alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih efektif dan efisien.
     J   Produk pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah, demikian juga dengan produk pesstisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih berhasil.
     J   Teknik-teknik pemulian dapat meningkatkan produk pangan.
     J   Teknik mutasi buatan dapat menghasilkan buah-buahan yang besar serta tidak berbiji.
     J   Teknologi pengolahan pascapanen dan.
     J   Budi daya hewan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan manusia.

2. Dalam bidang kedokteran dan kesehatan

Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam-macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagoniskan berbagai penyakit. Contoh obat yang mengandung unsur radioaktif adalah isoniazid yang mengandung radioaktif, sangat radioaktif, sangat efektif dan menyembuhkan penyakit TBC.





3. Dalam bidang telekomunikasi

Manusia telah membuat televisi, radio, telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari daerah yang sangat jauh.

4. Dalam bidang pertahanan dan keamanan

Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik.

5.    Klonasi/ Kloning

Klonasi/kloning merupakan dampak dari kemajuan dalam bidang genetika dan biologi reproduksi, maka dimungkinkan rekayasa duplikasi atau multiplikasi  manusia secara seksual dengan klonasi. Tujuan klonasi:
1.    Memberi anak yang baik pada pasangan yang tidak mempunyai anak.
2.    Menyediakan jaringan atau organ fetus untuk transplantasi
3.    Mengganti anak yang mati muda dengan anak yang sama cirri-cirinya.
4.    Sebagai bagian dari eugenetika positif dengan membuat  genotipus yang dianggap unggul sebanyak-banyaknya.
5.    Merealisasi teori dan memuaskan rasa ingin tahu ilmiah.
6.    Memperoleh sampel dengan genotipus yang sama untuk penelitian, misalnya tentang peran relative pengaruh lingkungan dan genetika pada genotipus manusia.
7.    Memperoleh orang dalam jumlah banyak untuk pekerjaan yang sama dengan cirri-ciri tertentu.
Adapun dampak yang kurang baik tentang klonasi yaitu, banyak yang belum menyetujui dan banyak yang menentang akan adanya kloning tersebut. Pada segi agama pun sudah terang tentu bertentangan, karena kita menentang akan kodrat kita sendiri, bagaimanapun manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya tidak akan mampu menandingi sang penciptanya. Jika wewenang kloning jatuh ke tangan diktaktor, ia dapat berbuat macam-macam yang merugikan spesies manusia dalam jangka panjang.

3.    Efek Rumah kaca

Efek rumah kaca ini disebabkan oleh adanya pencemaran udara yang banyak mengandung zat-zat yang dapat mengubah suhu udara. Karena dengan adanya pencemaran udara akan menyebabkan pemanasan global, yaitu dengan adanya efek rumah kaca.  Yang dimana dengan adanya efek rumah kaca ini sinar ultra violet yang dapat membahayakan mannusia tidak akan disaring lagi oleh lapisan ozon, sehingga akan langsung menuju bumi san selanjutnya akan diam dan bersirkulasi di bumi, begitu seterusnya.

2.4   Dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan
1.    Nuklir
Contoh dari penyalah gunaan  nuklir bagi kehidupan adalah dijatuhkannya bom di Hirosima dan Nagasaki pada perang dunia pada oerang dunia II yang menyebabkan radiasi sampai sekarang dan juga radioaktif yang merusakan sel tubuh yang berujung kangker.

2.    Polusi
Pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia :
Ø  Kegiatan-kegiatan industri
Ø  Kegiatan pertambangan
Ø  Kegiatan transportasi
Ø  Kegiatan pertanian
Suatu zat dikatakan polutan bila :
o   Kadar melebihi batas normal.
o   Berada padat tempat yang tidak semestinya.
o   Berada pada waktu yang tidak tepat.
Sifat-sifat polutan :
o   Merusak untuk sementara
o   Merusak setelah jangka waktu tertentu






3.    Bagian  bencana polusi
o   Yang langsung menggaungu kesehatan manusia
o   Efek tak langsung pada manusia
o   Efek langsung yang mengancam kualitas kehidupan manusia
o   Efek tak langsung terhadap masyarakat

Pencemaran lingkungan dapat berupa :
v  Pencemaran air tanah
o  Zat kimia seperti limbah industri
o  Sampah plastik
o  Zat-zat limbah industri
o  Berbagai sampah organik yang dibuang di sungai
o  Pembusukan yang berlebihan di perairan
o  DDT
v  Pencemaran  udara
o    Pembakaran bahan  bakar yang tidak sempurna dari pabrik
o    Asap rokok
o    Gas-gas yang merupakan pencemaran udara : CO,CO2,NO,NO2,SO, dan SO2
v  Pencemaran suara
o    Suara berkekuatan Lebih besar dari 80dB seperti :
·      Keributan,
·      Suara kereta api
·      Pesawat jet lepas landas dapat menimbulkan gangguan pada sistem pendengaran yang berujung pada :
Perubahan tekanan darah, penambahan denyut nadi, kontraksi perut, gangguan jantung, dan stres.
v  Pencemaran sosial dan budaya
Kemajuan kehidupan di kota-kota besar membawa pengaruh yang sangat cepat trehadap kehidupan di perdesaan. Dalam suatu segi hal ini membawa pengaruh yang kurang baik misalnya penduduk desa menjadi konsumtif adanya perubahan kebudayaan yang kurang baik terhadap muda-mudinya.
v  Klonasi/Kloning yaitu rekayasa duplikasi atau multiplikasi manusia secara seksual dengan klonasi. Dampak kurang baik yaitu bertentangan dari segi agama.
v  Efek Rumah Kaca Yaitu disebabkan pencemaran udara yang mengandung zat-zat yang dapat mengubah suhu udara. Sehingga sinar ultra violet yang dapat membahayakan manusia tidak dapat disaring lagi oleh lapisan ozon, shg langsung menuju bumi dan akhirnya diam dan bersirkulasi.







BAB III  PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Ø  Manusia tidak lepas dari Ilmu Pengetahuan ,Teknologi dan Seni
Ø  Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Ø  IPTEKS di manfaatkan oleh manusia,terutama dalam memudahkan pemenuhan kebutuhan hidup.
Ø  Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif,
Ø  Sains adalah ilmu pengetahuan yang teratur (sistematis) yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan realita. 
Ø  Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan, 
Ø  Sains dan teknologi berkembang melalui penemuan, penciptaan melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan IPTEK, untuk mempermudah suatu pekerjaan dan untuk memecahkan berbagai masalah (problem solving), untuk menghasilkan suatu produk, dan sebagainya. IPTEK tanpa nilai, moral, norma dan hukum akan sangat berbahaya
Ø  Makna sains, teknologi dan seni bagi manusia
Ø  Perkembangan teknologi
Perkembangan IPTEK dapat mendatangkan kemakmuran materi.
Ø  Iptek dan nilai
Ø  Perkembangan IPTEK sangat cepat sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan.
IPTEK dapat bernilai positif jika kita dapat memanfaatkannya dan dapat bernilai negatif bagi mereka yang tidak dapat memanfaatkannya.
o   Faktor penghambat manusia untuk maju.
•    Disiplin yang rendah ,Daya juang yang rendah ,Tidak jujur ,Bahasa , Tidak adanya penghargaan


o   DAFTAR PUSTAKA
BUKU ISBD

1 komentar:

  1. hay,,. nama saya try., salam kenal.,
    trimakasih sudah berbagi ilmu., artikenya sangat bermanfaat ,blognya juga keren ., good luck ya...

    memang kalu dipahami, bahwa sain,teknologi dan seni, tidak terlepas dari kehidupan manusia.
    oh iya kalau ada waktu jangan lupa mampir di Tugas dan Materi Kuliah. saya juga punya pembahasan mengenai Manusia,sains,teknologi dan seni kalau berminat silahkan lihat Makalah ISBD 'Manusia,sains,teknologi & seni siapa tahu bisa bermanfaat.

    BalasHapus