KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang telah
melimpahkan nikmat dan hidayahNya.karena,dalam
penyelesaian makalah ini,yang Berjudul “Manusia,Sains,Teknologi,dan seni
(IPTEK)” dapat terselesaikan dengan baik sebagai tugas mata kuliah Ilmu
Sosial dan Budaya Dasar.
Kami telah banyak mendapatkan bantuan dari berbagai
pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih kepada :
Ibu Dra.Hj Zahara, selaku dosen yang telah memberikan
bimbingan,arahan,serta saran dalam pembuatan makalah ini.
Penulis masih menerima dengan tangan terbuka terhadap kritik dan saran dari
pihak yang peduli terhadap makalah ini agar menjadi bahan perbaikan dikemudian
hari. Akhir kata,semoga makalah ini dapat bermanfaat baginkita semua. Amin.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi yang membaca. Terimakasih.
Pontianak , September 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.2 Rumusan Masalah............................................................................................... 1
1.3Tujuan.................................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manusia , Sains,Teknologi,dan Seni (IPTEKS) ................................ 3
2.2 Makna Sains, Teknologi , dan Seni bagi
manusia................................................ 3-4
2.3 Manusia sebagai subjektif dan objektif ................................................................ 4-5
2.4 Dampak penyalahgunaan IPTEKS Dalam Kehidupan......................................... 5-6
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan,Teknologi dan
Seni telah memberikan
pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu
religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang
ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan
membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi
umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap
peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia
tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka
dan kesengsaraan bagi manusia.
Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering
manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan
umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan
kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya
mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari
sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita
hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai
dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.
1.2. Rumusan Masalalah
o
Apa yang Di Maksud Dengan Sains,Teknologi,dan Seni?
o
Apa makna Sains, Teknologi , dan Sains bagi manusia ?
o
Apa saja makna manusia sebagai subjektif dan objektif IPTEK ?
o
Apa Saja Contoh Penyalahgunaan IPTEKS dalam Kehidupan Manusia?
1.3. Tujuan
Adapun Tujuan dari Makalah ini,
yaitu:
o
Mengetahui Pengertian Sains,Teknologi,dan Seni.
o
Mengetahui makna Sains , Teknologi dan Seni bagi manusia
o
Mengetahui makna manusia sebagai objektif dan objektif
o
Mengetahui dampak Penyalahgunaan IPTEKS bagi kehidupan
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Sains,Teknologi, dan Seni
(IPTEKS)
1. Sains
SAINS Yaitu Ilmu yang teratur (sistematis) yang dapat di uji atau di buktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal fisika, kimia, biologi). Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Sains
merupakan satu proses untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui
pengetahuan (ilmu) dengan memahami hakekat mahluk, untuk menerangkan
hukum-hukum alam.
2. Teknologi
KONSEP
TEKNOLOGI Adalah realitas kenyataan yang diperoleh dari dunia ide. Teknologi
dalam makna subjektif adalah keseluruhan peralatan dan prosedur yang
disempurnakan, sampai pernyataan bahwa Teknologi adalah segala hal. Teknologi
berasal dari kata Yunani kuno , techne dan Logia . Techne berarti seni
kerajinan. Kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yang
memiliki ketrampilan tertentu.
Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai ”keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.” Pengertian teknologi secara umum adalah:
Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai ”keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.” Pengertian teknologi secara umum adalah:
ü
Proses yang meningkatkan nilai tambah
ü
Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk
memudahkan dan meningkatkan kinerja
ü
Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan
dan digunakan
Ada pun
tiga macam teknologi yang sering dikemukakan para ahli , yaitu :
a) Teknologi Modern Ciri-cirinya
Padat Modal, mekanis elektrik, Menggunakan barang import, berdasarkan
penelitian mutakhir, dll
b) Teknologi Madya Padat karya, dapat
dikerjakan oleh ketrampilan setempat, berdasarkan alat penelitian
c)
Teknologi
Tradisional Bersifat padat karya, menggunakan ketrampilan setempat, menggunakan
bahan setempat, berdasarkan kebiasaan atau pengamatan
3. Seni
Janet
Woll mengatakan bahwa seni adalah produk social. Sedangkan menurut Kamus
B.Indonesia, seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu (dilihat dari
segi kehalusannya, keindahannya, dll), seperti tari, lukis, ukir, dll.
Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau
upaya sadar antara manusia dengan sesame secara beradab, di mana pihak kesatu
secara terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua
secara manusiawi yaitu orang perorang. Oleh karena itu, budi bahasapun adalah
suatu seni.
2.2 Makna Sains, Teknologi , dan Seni bagi manusia
1.
Perkembangan
Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi dapat mendatangkan keuntungan
dan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya hal
tersebut pula, muncul berbagai cabang-cabang
ilmu pengetahuan, seperti misalnya:
Ã
Penggunaan
teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor nuklir yang dapat menghasilkan
zat-zat radioaktif, dimana zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud damai.
Misalnya, untuk keperluan bidang kesehatan (sinar rontgen), dibidang pertanian
untuk memperbaiki bibit, untuk mendapatkan energi tinggi.
Ã
Penggunaan
teknologi hutan. Hutan mempunyai banyak fungsi: kertas, industri kayu lapis/
bahan bangunan, untuk tempat penyimpanan air, objek pariwisata, dan lain-lain.
Pengetahuan dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan
dan kecerdasan manusia. Karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi memungkinkan:
a) Tersedianya sarana dan prasarana
penunjang kegiatan ilmiah.
b) Meningkatkannya kemakmuran materi
dan kesehatan masyarakatnya.
2. IPTEK dan Nilai
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
bergerak sangat cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam
menghadapinya sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam menghadapi era
teknologi modern dan industrialisasi, maka dituntut adanya keahlian untuk menggunakan,
mengelola, dan senantiasa menyesuaikan dengan teknologi-teknologi dan ilmu
pengetahuan yang baru. Selain itu sikap mental dan nilai hidup yang harus
mengarah terhadap nilai tersebut.
Dengan
adanya kemajuan teknologi, terbukti bahwa bagi mereka yang dapat
memanfaatkannya dengan bijak, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam
meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Namun di pihak lain, baik di Negara maju
maupun berkembang, teknologi justru dapat berdampak buruk seperti,
sumber-sumber daya alam akan habis, pembawa polusi atau pencemaran, dan
mengakibatkan meningkatnya pengangguran.
Teknologi mempunyai dua komponen utama, yaitu:
Hardware aspect, meliputi peralatan yang
memberikan bentuk pola teknologi sebagai objek fisikal atau material.
Software aspect, meliputi sumber informasi yang
memberikan penjelasan mengenai hal-hal peralatan fisik atau material tersebut.
2.3 MANUSIA
SEBAGAI SUBJEK DAN OBJEK IPTEK
Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia
dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai
kegiatan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih
efektif dan efisien. Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang
hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, anatara lain :
1. Dalam bidang pertaniaan,
peternakan, dan perikanan
J Mampu menciptakan alat pertanian
yang maju. Dengan alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu
dan tenaga lebih efektif dan efisien.
J Produk pupuk buatan dapat membantu
menyuburkan tanah, demikian juga dengan produk pesstisida dapat memungkinkan
pemberantasan hama lebih berhasil.
J Teknik-teknik pemulian dapat
meningkatkan produk pangan.
J Teknik mutasi buatan dapat
menghasilkan buah-buahan yang besar serta tidak berbiji.
J Teknologi pengolahan pascapanen
dan.
J Budi daya hewan dapat meningkatkan
pendapatan dan kesejahteraan manusia.
2. Dalam bidang kedokteran dan
kesehatan
Dengan
hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam-macam obat,
penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagoniskan berbagai
penyakit. Contoh obat yang mengandung unsur radioaktif adalah isoniazid yang mengandung radioaktif,
sangat radioaktif, sangat efektif dan menyembuhkan penyakit TBC.
3. Dalam bidang telekomunikasi
Manusia
telah membuat televisi, radio, telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi
dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari
daerah yang sangat jauh.
4. Dalam bidang pertahanan dan
keamanan
Manusia
telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga
dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik.
5. Klonasi/
Kloning
Klonasi/kloning
merupakan dampak dari kemajuan dalam bidang genetika dan biologi reproduksi,
maka dimungkinkan rekayasa duplikasi atau multiplikasi manusia secara seksual dengan klonasi. Tujuan
klonasi:
1.
Memberi anak yang
baik pada pasangan yang tidak mempunyai anak.
2.
Menyediakan
jaringan atau organ fetus untuk transplantasi
3.
Mengganti anak
yang mati muda dengan anak yang sama cirri-cirinya.
4.
Sebagai bagian
dari eugenetika positif dengan membuat
genotipus yang dianggap unggul sebanyak-banyaknya.
5.
Merealisasi teori
dan memuaskan rasa ingin tahu ilmiah.
6.
Memperoleh sampel
dengan genotipus yang sama untuk penelitian, misalnya tentang peran relative
pengaruh lingkungan dan genetika pada genotipus manusia.
7.
Memperoleh orang
dalam jumlah banyak untuk pekerjaan yang sama dengan cirri-ciri tertentu.
Adapun dampak yang kurang
baik tentang klonasi yaitu, banyak yang belum menyetujui dan banyak yang
menentang akan adanya kloning tersebut. Pada segi agama pun sudah terang tentu
bertentangan, karena kita menentang akan kodrat kita sendiri, bagaimanapun
manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya tidak akan mampu menandingi sang
penciptanya. Jika wewenang kloning jatuh ke tangan diktaktor, ia dapat berbuat
macam-macam yang merugikan spesies manusia dalam jangka panjang.
3.
Efek Rumah kaca
Efek
rumah kaca ini disebabkan oleh adanya pencemaran udara yang banyak mengandung
zat-zat yang dapat mengubah suhu udara. Karena dengan adanya pencemaran udara
akan menyebabkan pemanasan global, yaitu dengan adanya efek rumah kaca. Yang dimana dengan adanya efek rumah kaca ini
sinar ultra violet yang dapat membahayakan mannusia tidak akan disaring lagi
oleh lapisan ozon, sehingga akan langsung menuju bumi san selanjutnya akan diam
dan bersirkulasi di bumi, begitu seterusnya.
2.4
Dampak
penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan
1.
Nuklir
Contoh dari
penyalah gunaan nuklir bagi kehidupan
adalah dijatuhkannya bom di Hirosima dan Nagasaki pada perang dunia pada oerang
dunia II yang menyebabkan radiasi sampai sekarang dan juga radioaktif yang
merusakan sel tubuh yang berujung kangker.
2.
Polusi
Pencemaran yang
disebabkan oleh aktivitas manusia :
Ø Kegiatan-kegiatan
industri
Ø Kegiatan
pertambangan
Ø Kegiatan
transportasi
Ø Kegiatan
pertanian
Suatu zat
dikatakan polutan bila :
o
Kadar melebihi
batas normal.
o
Berada padat
tempat yang tidak semestinya.
o
Berada pada waktu
yang tidak tepat.
Sifat-sifat
polutan :
o
Merusak untuk
sementara
o
Merusak setelah
jangka waktu tertentu
3.
Bagian bencana polusi
o
Yang langsung
menggaungu kesehatan manusia
o
Efek tak langsung
pada manusia
o
Efek langsung
yang mengancam kualitas kehidupan manusia
o
Efek tak langsung
terhadap masyarakat
Pencemaran
lingkungan dapat berupa :
v Pencemaran
air tanah
o Zat
kimia seperti limbah industri
o Sampah
plastik
o Zat-zat
limbah industri
o Berbagai
sampah organik yang dibuang di sungai
o Pembusukan
yang berlebihan di perairan
o DDT
v Pencemaran udara
o
Pembakaran
bahan bakar yang tidak sempurna dari
pabrik
o
Asap rokok
o
Gas-gas yang
merupakan pencemaran udara : CO,CO2,NO,NO2,SO, dan SO2
v Pencemaran
suara
o
Suara berkekuatan
Lebih besar dari 80dB seperti :
· Keributan,
· Suara
kereta api
· Pesawat
jet lepas landas dapat menimbulkan gangguan pada sistem pendengaran yang
berujung pada :
Perubahan
tekanan darah, penambahan denyut nadi, kontraksi perut, gangguan jantung, dan
stres.
v Pencemaran
sosial dan budaya
Kemajuan kehidupan di
kota-kota besar membawa pengaruh yang sangat cepat trehadap kehidupan di
perdesaan. Dalam suatu segi hal ini membawa pengaruh yang kurang baik misalnya
penduduk desa menjadi konsumtif adanya perubahan kebudayaan yang kurang baik
terhadap muda-mudinya.
v
Klonasi/Kloning
yaitu rekayasa duplikasi atau multiplikasi manusia secara seksual dengan
klonasi. Dampak kurang baik yaitu bertentangan dari segi agama.
v
Efek
Rumah Kaca Yaitu disebabkan pencemaran udara yang mengandung zat-zat yang dapat
mengubah suhu udara. Sehingga sinar ultra violet yang dapat membahayakan
manusia tidak dapat disaring lagi oleh lapisan ozon, shg langsung menuju bumi
dan akhirnya diam dan bersirkulasi.
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Ø
Manusia tidak lepas dari Ilmu Pengetahuan
,Teknologi dan Seni
Ø
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam
kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan
ilmu pengetahuan.
Ø
IPTEKS di manfaatkan oleh manusia,terutama dalam memudahkan pemenuhan
kebutuhan hidup.
Ø
Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan
kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif,
Ø
Sains adalah ilmu pengetahuan yang teratur (sistematis) yang dapat diuji
kebenarannya sesuai dengan realita.
Ø
Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk
memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan,
Ø
Sains dan teknologi berkembang melalui penemuan, penciptaan melalui
berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan IPTEK, untuk mempermudah suatu
pekerjaan dan untuk memecahkan berbagai masalah (problem solving), untuk
menghasilkan suatu produk, dan sebagainya. IPTEK tanpa nilai, moral, norma dan
hukum akan sangat berbahaya
Ø
Makna sains, teknologi dan seni bagi manusia
Ø
Perkembangan teknologi
Perkembangan IPTEK dapat mendatangkan kemakmuran materi.
Ø
Iptek dan nilai
Ø
Perkembangan IPTEK sangat cepat sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan.
IPTEK dapat bernilai positif jika kita dapat memanfaatkannya dan dapat bernilai negatif bagi mereka yang tidak dapat memanfaatkannya.
IPTEK dapat bernilai positif jika kita dapat memanfaatkannya dan dapat bernilai negatif bagi mereka yang tidak dapat memanfaatkannya.
o Faktor penghambat manusia untuk maju.
• Disiplin yang rendah ,Daya juang yang rendah ,Tidak jujur ,Bahasa , Tidak adanya penghargaan
• Disiplin yang rendah ,Daya juang yang rendah ,Tidak jujur ,Bahasa , Tidak adanya penghargaan
o
DAFTAR
PUSTAKA
BUKU
ISBD
hay,,. nama saya try., salam kenal.,
BalasHapustrimakasih sudah berbagi ilmu., artikenya sangat bermanfaat ,blognya juga keren ., good luck ya...
memang kalu dipahami, bahwa sain,teknologi dan seni, tidak terlepas dari kehidupan manusia.
oh iya kalau ada waktu jangan lupa mampir di Tugas dan Materi Kuliah. saya juga punya pembahasan mengenai Manusia,sains,teknologi dan seni kalau berminat silahkan lihat Makalah ISBD 'Manusia,sains,teknologi & seni siapa tahu bisa bermanfaat.